Karya Kreatif Indonesia 2023 Mendorong Kebaruan dan Inovasi Kunci Kebangkitan UMKM

KKI 2023 mengedepankan lima aspek utama untuk memperkuat pengembangan UMKM nasional. Pertama stronger collaboration untuk mendorong UMKM berkolaborasi meningkatkan inovasi dan nilai tambah dan sebagai bagian dari Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI) serta mendukung pilar inklusi keuangan pada keketuaan Indonesia ASEAN 2023. Kedua, penguatan transaksi business to business dengan menghadirkan potential buyer/agregator ekspor dan menampilkan berbagai produk UMKM premium siap ekspor. Ketiga, pameran 45 varian kopi unggulan Nusantara dan pendampingan secara end to end. Keempat, scale up wastra dan produk turunan untuk meningkatkan nilai tambah produk UMKM khususnya wastra dan kriya dengan kualitas premium siap ekspor. Kelima, inovasi dan aktivasi UMKM hijau untuk mendorong pengembangan produk UMKM yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. 

Penyelenggaraan KKI 2023 juga merupakan puncak selebrasi UMKM binaan Bank Indonesia berkolaborasi denganstakeholders.Acara ini menghadirkan 1.000 UMKM yang telah berhasil naik kelas dengan terhubung dalam 3 (tiga) kategori yaitu telah masuk ke dalam ekosistem digital, terhubung dengan Lembaga Keuangan, dan masuk ke dalam kategori UMKM berorientasi ekspor. KKI 2023 diselenggarakan bersinergi dengan Kementerian/Lembaga sebagai one-stop-event yang mengedepankan digitalisasi UMKM, business matching ekspor, business matching pembiayaan, penguatan business network dan potensi daerah, dengan mengedepankan keberlanjutan lingkungan. 

KKI 2023 menampilkan beragam produk wastra, kriya, kopi, serta makanan dan minuman olahan, yang disajikan dalam pameran produk UMKM yang telah lolos kurasi secara ketat baik dari UMKM Binaan dan Mitra Bank Indonesia, juga UMKM dari 6 Kementerian dan Lembaga (K/L) yaitu Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian BUMN, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Dewan Kerajian Nasional. Pameran KKI 2023 secara fisik diikuti oleh 300 UMKM, sedangkan pameran online juga tetap dilakukan pada website KKI dengan melibatkan lebih dari 800 UMKM dari seluruh Indonesia. Dalam KKI tahun ini terdapat kegiatan Pesona Kopi Nusantara yang akan 

Baca Juga  Tempat Olahraga Di Kota Bekasi 2023

Menampilkan 45 (empat puluh lima) UMKM Kopi terbaik Binaan Bank Indonesia. Melalui penyelenggaraan KKI 2023 diharapkan sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak dalam pengembangan UMKM di Indonesia semakin kuat dan berkelanjutan sehingga mampu mengakselerasi UMKM naik kelas, yang paham digital, go global, dan mampu menggerakkan perekonomian nasional. 

Sebagai salah satu rangkaian kegiatan KKI 2023 juga diselenggarakanTalk Show: Digitaldengan tema Live Commerce, Peluang Baru untuk UMKM (27/7). Acara ini merupakan salah satu upaya Bank Indonesia mengedukasi para pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi digital dalam pemasaran produknya. Talk Show ini mengangkat topik yang sedang trending yaitu Live Commerce, suatu fitur siaran langsung dalam aplikasi e-commerce yang embarking kesempatan bagi UMKM untuk berinteraksi membangun engagement dengan pelanggannya. 

Mari saksikan dan hadiri KKI 2023, untuk informasi lebih lanjut silahkan melihat booklet terlampir serta mengakses kanal media sosial Bank Indonesia dan kanal resmi KKI 2023 (instagram: @karyakreatifindonesia, youtube: KKI Official dan twitter: Karyakreatif_BI). 

 

 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *