Mobilitas Pemudik Tinggi, Laju Kendaraan di Tol saat Arus Mudik Diprediksi Sampai 40-50 KM/Jam

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2024 di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Hal itu dalam rangka memastikan kesiapan seluruh personel dalam mewujudkan mudik lebaran Idul Fitri 1445 H yang aman dan nyaman.

Menurut Listyo, pihaknya mengerahkan 155 ribu lebih personel gabungan TNI-Polri dan stakeholder lainnya.

“Terjadi pergerakan kurang lebih 199 juta orang, yang tentunya harus kita berikan pelayanan dengan baik. Apakah mereka lalui jalur darat, laut, udara,” tutur Listyo di Monas, Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2024).

Listyo menegaskan, TNI-Polri bersama jajaran lintas sektoral berupaya maksimal dalam menyiapkan strategi mewujudkan mudik yang aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat. Salah satunya dengan melakukan evaluasi terhadap catatan arus mudik tahun 2023.

“Beberapa hal menjadi catatan kami, bahwa dari hasil evaluasi yang ada terkait kegiatan operasi ketupat 2023, ada beberapa catatan yang tentunya kita lakukan perbaikan untuk kegiatan operasi ketupat 2024,” jelas dia.

Selain itu, petugas juga melakukan pengecekan langsung di lokasi arus mudik baik jalur darat, laut, dan udara agar mengetahui secara langsung berbagai hal yang mesti diperbaiki dan disiapkan demi menyambut arus mudik dan arus balik Lebaran.

“Hari ini kita akan melaksanakan pengecekan di jalur Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur sampai Bali. Ini semua untuk meyakinkan bahwa persiapan mudik tahun 2024 betul-betul bisa terselenggara dengan aman dan baik. Tentunya kami imbau karena kepadatan yang luar biasa apabila masyarakat bisa melaksanakan mudik lebih awal tentunya akan lebih baik. Karena tentu akan mengurangi potensi kemacetan di jalan,” ujar Listyo.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

Quoted From Many Source

Baca Juga  Sita Dokumen KPK dan LHKPN Firli Bahuri, Polisi: Untuk Kumpulkan Bukti dan Temukan Tersangka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *