Groundbreaking RS Berkonsep Green Hospital di IKN, Jokowi Targetkan Rampung 2024

Liputan6.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan grounbreaking atau peletakan batu pertama rumah sakit (RS) kedua di Ibu Kota Nusantara (IKN) yakni, Mayapada Hospital Nusantara, Rabu (1/11/2023). Jokowi mengatakan Mayapada Hospital Nusantara akan dibangun dengan konsep green hospital yang ramah lingkungan.

“Ini nanti akan menjadi green hospital untuk mendukung percepatan dan pembangunan IKN sebagai Ibu Kota Nusantara, sebagai ibu kota pertama dunia yang mengusung konsep forest city,” kata Jokowi saat Groundbreaking Mayapada Hospital Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023).

Dia menyampaikan Mayapada Hospital Nusantara akan mengusung konsep efisiensi dan konservasi energi, sesuai tujuan pembangunan IKN. Nantinya, 20 persen dari total lahan rumah sakit ini akan dimanfaatkan sebagai area hijau yang dapat mempercepat kesembuhan pasien.

“Nantinya ditempat ini akan beroperasi rumah sakit yang ramah lingkungan green building, 20 persen dari total luasan lahan dimanfaatkan area hijau dilengkapi healing garden, dengan sistem kelola taman untuk membantu percepatan kesembuhan pasien,” ucapnya.

“Jadi kalau pasien sakit di sini, lihat kanan hijau, kiri hijau, ke depan hijau, keluar ruangan hijau, cepet sembuhnya,” sambungnya.

Jokowi meminta Mayapada Hospital Nusantara ini memberi contoh rumah sakit yang ramah lingkungan, mengoptimalkan pemanfaatkan teknologi, dan mengefisienkan pemakaian energi dan air.

Selain itu, dia ingin Mayapada Hospital Nusantara mencontohkan bagaimana memaksimalkan cahaya matahari dan membangun sistem daur ulang air limbah yang baik, serta menyediakan kolam resapan untuk penyerapan air hujan agar bisa dimanfaatkan kembali.

“Saya yakin dengan pengalaman yang dimiliki oleh Mayapada Hospital dengan mitra internasional mampu memberikan pelayanan yang profesional, menangani kasus kesehatan yang kompleks bagi masyarakat pemerintah, bagi asuransi, perusahaan dalam negeri luar negeri,” tutur Jokowi.

Baca Juga  Gubernur Jakarta Dipilih Presiden di RUU DKJ, Surya Paloh: Langkah Gegabah

 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *